Halaman

Rabu, 31 Oktober 2012

Pantai Putri Serayi Jawai Terancam Abrasi

Dalam beberapa tahun terakhir ini Pantai Serai di Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas mulai terkena abrasi. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan masyarakat sekitar yang meraih rezeki dari satu-satunya lokasi tempat pariwisata yang ada di wilayah Jawai ini.Pantai ini juga sering dikunjungi wisatawan. Apalagi di setiap Hari Raya Idulfitri dan Iduladha, selalu dipadati oleh masyarakat yang berwisata. Setiap tahunnya dimeriahkan hiburan dengan menghadirkan artis ibu kota Jakarta. 


Hanya saja, memang butuh perhatian serius dari pemerintah untuk mengembangkan tempat ini jadi salah satu destinasi objek pariwisata.

Pengelola Pantai Putri Serai Jawai Hasan SPd MM mengatakan dalam beberapa tahun terakhir ini sudah puluhan meter bibir pantai yang tergerus air. “Selain itu, panjang areal yang terkena abrasi kurang lebih dua kilometer,” ujarnya, Sabtu (27/10) kemarin.
Menurutnya, hal ini perlu penanganan khusus dari pemerintah daerah. Apalagi ini adalah lokasi pariwisata, yang tentunya dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Hasan melanjutkan, apabila pantai ini terus mengalami abrasi, maka dikhawatirkan akan menghilangkan sumber pendapatan warga sekitarnya. Pantai yang terdiri dari hamparan pasir juga akan hilang.
 
Terpisah, Asisten II yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sambas H Chifni Burhanuddin mengatakan tergerusnya bibir pantai akibat dari abrasi tersebut sudah termasuk kategori bencana alam. Maka hal tersebut akan diteruskan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat mengenai penanggulangan bencana tersebut.
“Insya Allah akan diteruskan ke BNPB tahun depan, kami juga terkejut atas musibah itu. Sebab abrasi pantai sudah mendekati kaki Bukit Serayi dan sepanjang dua kilometer. Untuk hal itu akan menjadi skala prioritas penyelamatan oleh Pemkab Sambas dan BNPB.” katanya. (kie)
Sumber :Rakyat Kalbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar