Halaman

Minggu, 08 Juli 2012

Pesona Air Terjun Riam Merasap Sajingan



Objek Wisata Air Terjun Riam Merasap adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Objek wisata ini terletak ± 85 km dari ibu Kota Kabupaten Sambas untuk ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara dari Malaysia untuk menikmati air terjun ini, dari titik nol perbatasan hanya menempuh jarak 10 km.
Air Terjun Riam merasap merupakan air terjun yang sangat indah dan menarik, mempunyai batu dengan ketinggian sekitar 67 meter.
Dengan di kelilingi bebatuan yang sangat tinggi, air terjun ini terlihat sangat unik dan menarik untuk di kunjungi.
Kecamatan Sajingan merupakan wilayah perbatasan Aruk (Indonesia) dan Biawak (Malaysia), maka tidak heran kalau melihat warga jiran sering menikmati kesejukan Air Terjun dua tingkat yang berketinggian 67 meter dengan lebar 8 meter ini. Setiap hari Minggu pasti ada saja warga Malaysia yang datang ke Air Terjun Riam Merasap, baik dari Biawak, Lunduk dan Sematan.90 persen masyarakat Kecamatan Sajingan Besar sudah memanfaatkan potensi air terjun tersebut.

Objek Wisata Riam Merasap ini sangat menarik untuk dinikmati. Jika ada yang berminat ke lokasi air terjun Riam Merasap, harus rela menempuh perjalanan 82 KM dengan menggunakan kendaraan dan harus rela berjalan kaki selama 2 KM untuk tiba di lokasi air terjun.Untuk masuk dan menikmati keindahan air terjun Riam Merasap tidak dipungut bayaran, karena lokasi air terjun yang masih alami ini belum dikelola penuh oleh Pemerintah Kabupaten Sambas. Tetapi, wisatawan harus membawa perbekalan makan dan minum selama menikmati air terjun,karena di lokasi air terjun ini tidak ada warga atau masyarakat setempat yang berjualan.

Selain memiliki potensi air terjun Riam Merasap, Kecamatan Sajingan juga memiliki objek wisata Air Terjun Riam Naik Kubik dengan ketinggian 8 m, Jarak tempuh dari Kecamatan sajingan 15 km, Air Terjun Riam Pencarek ketinggian 80 m dengan jarak tempuh 17 km dan Air Terjun Riam Cagat berketinggian 100 M dengan jarak tempuh 9 km dengan berjalan kaki menyisir hutan yang masih alami. Selain air terjun, Kecamatan Sajingan juga memiliki Goa Alam Santok.

Anda akan merasakan suasana yang segar dan menyenangkan, bila berada di bawah air terjunnya dapat merasakan segar dan bersihanya air yang mengalir, sangat cocok untuk wisata di akhir pekan bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar